Kelompok 2
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Daftar
isi adalah elemen terpenting dalam sebuah karya ilmiah, tesis ataupun skripsi.
Dari halaman inilah pembaca atau penguji bakal terbantu ketika mencoba
menemukan nomor halaman untuk bahasan tertentu.
Karena
formatnya yang unik, membuat daftar isi haruslah teliti. Bisa dibuat secara
manual tapi dari pengalaman, cara ini rentan kesalahan. Opsi terbaik
adalah dengan memanfaatkan fitur pembuatan daftar isi secara otomatis yang akan
kita bahas di panduan pemula ini. Tapi syaratnya, Anda harus mempunyai makalah
lengkapnya terlebih dahulu.
Daftar
Pustaka yaitu suatu daftar yang berisi semua sumber bacaan yang digunakan
sebagai bahan acuan dalam penulisan karya ilmiah seperti Makalah, Skripsi,
Tugas Akhir, Laporan, Thesis,dan penelitian. Pemilihan daftar pustaka ini harus
benar-benar sesuai dengan pokok permasalahan yang dibahas dalam makalah.
Mahasiswa, Dosen, Siswa tidak boleh mencantumkan nama/judul buku,
artikel/jurnal serta dokumen lainnya baik cetak maupun internet yang tidak
terdapat dalam daftar pustaka ini.
Mengingat arti Penting dari bagian karya ilmiah yang satu ini, maka mahasiswa, dosen,siswa maupun masyarakat umum lainnya perlu mengetahui Cara dan Teknik Penulisan Daftar Pustaka yang baik dan benar.
Mengingat arti Penting dari bagian karya ilmiah yang satu ini, maka mahasiswa, dosen,siswa maupun masyarakat umum lainnya perlu mengetahui Cara dan Teknik Penulisan Daftar Pustaka yang baik dan benar.
B. RUMUSAN
MASALAH
1.
Apa daftar isi itu?
2.
Bagaimana cara membuat
daftar isi ?
3.
Apa itu daftar pustaka
?
4.
Bagaimana cara membuat
daftar pustaka
C. TUJUAN
1. Agar dapat mengetahui
cara membuat daftar isi dan daftar pustaka pada Microsoft Word
2.
Agar dapat membuat
daftar isi dan daftar pustaka padMicrosoft Word
BAB II
PEMBAHASAN
Cara ini bisa
diterapkan di Microsoft Word 2007, 2010, 2013 dan yang saya gunakan sekarang
yaitu Microsoft Word 2007.
Buka Microsoft Word
Hal pertama yang harus
kamu lakukan adalah membuat struktur halaman yang terdiri dari:
1.
COVER
(i), [Heading 1 / BEBAS BISA DISESUAIKAN]
2.
Kata
Pengantar (ii), [Heading 1]
3.
Daftar
Isi (iii), [Heading 1]
4.
BAB
I (1), [Heading 1]
5.
Judul
BAB I (1), [Heading 2]
6.
Sub
Judul BAB I (2), [Heading 2]
7.
BAB
II (3), [Heading 1]
8.
Judul
BAB II (3), [Heading 2]
9.
Sub
Judul BAB II (3), [Heading 2]
Struktur diatas hanya
contoh, selanjutnya untuk BAB III dan BAB IV dan seterusnya silahkan kalian
tinggal tambahkan sendiri, jangan lupa ganti judul, sub judul, dan letak nomor
halamannya. Jika makalahnya sudah kalian ketik, tinggal copy paste saja ke
masing-masing struktur halaman diatas sesuai tempatnya.
Kemudian jika sudah semua, masuk
ke bagian Daftar Isi. Arahkan mouse dan klik pada area daftar isi,
pilih Update Table.
Maka akan muncul
jendela Update Table of Contents, pilih Update entire table. Maka
otomatis semua struktur halaman, dari Cover, BAB sampai halaman-halamannya akan
terupdate di Daftar Isi sesuai nomor halamannya.
Selesai. Beres, makalah
kamu sekarang cukup dengan satu file Word. Jika ada penambahan dan pengurangan
halaman, kamu cukup ulangi langkah nomor 5, secara otomatis nomor halaman ikut
terupdate. Kerennya lagi, untuk menuju ke halaman yang dituju kamu cukup ke
daftar isi, lalu tahan di keyboard tombol Ctrl + klik kiri mouse pada
nomor halamannya. kamu langsung ke halaman yang di klik tadi.
B.
CARA
MEMBUAT STYLE HEADING DI WORD
1. Seleksi
atau blok Judul BAB atau Sub Judul di dalam BAB yang ingin kamu buat style heading-nya.
2.
Pada Tab
Home, pilih Heading 1
3.
Selesai.
C. CARA MENGGANTI UKURAN FONT
DAN WARNA DI STYLE HEADING YANG SUDAH ADA
1. Seleksi
atau blok Judul BAB atau Sub Judul di dalam BAB yang ingin kamu ganti ukuran
font dan warna style heading-nya.
2. Pada Tab Home,
dibagian Styles, pilih icon panah kebawah seperti gambar dibawah ini.
3. Pilih Create a Style
4. Beri nama misalnya Style BAB,
lalu klik Modify
5. Silahkan
kamu ganti semua sesuai nama font, ukuran font dan warna yang kamu inginkan
kalau sudah klik OK.
6. Nanti kamu akan melihat template
Style BAB yang baru saja dibuat di gallery style. Silahkan kamu tinggal
menerapkannya saja di BAB yang lainnya.
7.
Selesai
D.
CARA
MEMULAI MEMBUAT DAFTAR ISI SEPERTI ITU DARI NOL
Pastikan semua halaman
telah kamu buat nomor halamannya dan setiap BAB kamu berikanstyle
heading-nya, karena jika tidak, daftar isi tidak akan bisa terbuat secara
otomatis.
Di Word, buka
menu Tab Reference, lalu ke bagian Table of Contents,
pilih Automatic Table 2.
E. DAFTAR
PUSTAKA
Daftar pustaka dikenal juga sebagai bibliografi,
sumber rujukan, sumber acuan, atau referensi. Daftar pustaka adalah daftar dari
segala sumber bahan bacaan yang digunakan dalam penyusunan karya ilmiah.
Menurut kaidah penulisan, jika kita mengutip beberapa kalimat atau paragraf
dari sumber bacaan lain ke dalam karya yang kita tulis, mau tidak mau kita
harus mencantumkan sumbernya. Sumber bahan bacaan itu sendiri bentuknya dapat
bermacam-macam, seperti; surat kabar, jurnal buletin, majalah, terbitan
berkala, ensiklopedia, hasil riset, dan lain-lain. Semua sumber bacaan itu
berkaitan erat dengan karya ilmiah yang ditulis. Dalam karya ilmiah, daftar
pustaka ditempatkan setelah isi karangan dan ditulis pada halaman tersendiri.
Berikut
ini kami tampilkan beberapa contoh daftar pustaka yang model penulisannya
disesuaikan dengan sumber bahan bacaan yang digunakan sebagai referensi
pembuatan karya ilmiah.
Berikut
ini cara penulisan daftar pustaka yang benar yang wajib anda ketahui
:
Nama
belakang/keluarga/marga di tulis terlebih dahulu sebelum nama depan dan
dipisahkan dengan titik. Jika ada beberapa penulis, nama penulis ditulis
berurutan sesuai alphabet dan dipisahkan dengan koma.
Dalam
daftar pustaka gelar akademik tidak perlu dicantumkan.
Judul
buku atau jurnal di tulis cetak miring atau garis bawah setiap kata.
Pisahkan
dengan tanda titik setiap unsur yang perlu di tulis.
Setelah
penulisan nama kota penerbit beri tanda titik dua (:) selanjutnya tulis nama
penerbit.
Urutkan
daftar pustaka sesuai alphabet.
Contoh
daftar pustaka dari buku
Cara
penulisan daftar pustaka yang bersumber dari buku hampir sama dengan daftar
pustaka jurnal. Daftar pustaka dari buku tidak mencantumkan volume jurnal,
nomor, URL dan tanggal akses. Tanggal buku terbit menggunakan tanda kurung ()
atau tidak.
Tulis
: Nama Penerbit. Tahun Terbit. Judul Buku. Kota Penerbit: Penerbit.
Contoh
:
Kabai,
Zaenuddin. 2015. Cara Membuat PTK yang Baik dan Benar. Bantaeng: Zaka Media
Contoh
Daftar Pustaka dari Website Internet
Tulis
nama belakang keluarga dan diikuti nama depan penulis. Jika penulis terdiri
dari dua orang gunakan tanda koma atau tanda penghubung “dan” sebagai pemisah.
Tulis
tahun jurnal diterbitkan.
Judul
jurnal cetak miring atau garis bawah.
Edisi
jurnal
Cantumkan
halaman jika ada
Tulis
URL
Tanggal
dan waktu ketika mengakses jurnal.
Contoh
daftar pustaka untuk kutipan yang diambil dari situs website internet ditulis
dengan bentuk:
Putri,
Indah. 2015. Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar. Jurnal Bahasa
Indonesia, 4 (3):
12-17. http://rezaldieisc.blogspot.co.id/2016/06/tutorial-cara-membuat-daftar-pustaka-di.html
(diakses 26 november 2015 pukul 16.40 wib.).
berikut
ini adalah cara membuat daftar isi di microsoft word
1. Buka MS Word 2007 lalu pilih
References
2.
Klik Insert Citation lalu
add New Source
3.
Pilihlah
sumber referensi baik buku , jurnal, artikel dll lalu isilah
keterangan dibawahnya. lalu klik OK
4. Setelah itu akan muncul nama
pengarang beserta tahun pembuatannya. kemudian klik Bibliografi
5. Pilihlah pilihan pertama
6. Setelah di klik bibliografi maka
akan muncul format penulisan pengarang sumber (daftar pustaka) sesuai dengan
kaidah penulisan standar internasional
7.
Hilangkan
nama pengarang yang terdahulu diatas lalu gantilah kata Bibliografi
dengan Daftar Pustaka, lalu tambahkan pengarang lain sebagai Latihan
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Daftar isi adalah elemen terpenting
dalam sebuah karya ilmiah, tesis ataupun 1makalah. Dari halaman inilah pembaca
atau penguji bakal terbantu ketika mencoba menemukan nomor halaman untuk
bahasan tertentu
Daftar Pustaka yaitu suatu daftar yang
berisi semua sumber bacaan yang digunakan sebagai bahan acuan dalam penulisan
karya ilmiah seperti Makalah, Skripsi, Tugas Akhir, Laporan, Thesis,dan
penelitian
B. SARAN
1. Pelajarilahdengan
detailMicrosoft Word, sehingga akan mempermudah dalam menggunakannya.
Gunakanlah aplikasi ini dengan baik dalam penggunaannya.
DAFTAR PUSTAKA
Selesai SUMBER ; http://ardiyansyah.com/2016/09/cara-membuat-daftar-isi-otomatis-di-word.html
SUMBER : https://bangfajars.wordpress.com/2010/08/26/cara-cepat-menulis-daftar-pustaka-di-ms-word-2007/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar